Banner Metode Rubaiyat
Tips Mudah Menghafal Al Qur'an
photo tangkapan layar di Instagram

Banyak orang yang ingin menghafal Al Qur’an namun banyak yang mengalami kendala atau kesulitan cara memulainya. Berikut ini adalah tips cara menghafal qur’an ala Fatih serefagic.

Pemuda tampan sekaligus hafidz ini membagikan tips yang pernah dilakukan ketika ia menghafalkan Al Qur’an.

Pertama, Hal yang paling penting dalam menghafal Al-Qur’an adalah mencari guru, agar bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan murid. Sebenarnya metode penghafalan Al-Qur’an itu unik, setiap orang punya caranya sendiri.
Kemampuan guru mengetahui kemampuan muridnya memiliki pengaruh besar dalam proses menghafal Al-Qur’an

Kedua, Dua faktor utama dalam proses menghafal adalah konsistensi dan kesabaran. Kecepatan tiap orang berbeda-beda jadi jangan terlalu terbebani dengan target hafal berapa juz dalam sekian tahun. Jangan memaksa di awal (terlalu diforsir), yang penting ada progres tiap hari. Sedikit demi sedikit.

Ketiga, Bagian surat favoritnya adalah surah Yusuf. Selain isinya yang mendalam, ini adalah surat pertama yang dihafalkan. Fatih mulai menghafal umur 9 dan menyelesaikan hafalannya di usia 14 tahun. Ia menekankan agar kita mempunyai surat favorit

Keempat, Peran lingkungan sangat penting untuk menjaga hafalan. Sehingga kita akan terpicu untuk selalu berbuat amal shalih. Catat: ayah Fatih seorang hafidz 30 juz.

Kelima, Fatih lahir di Jerman, pindah ke USA umur 4 tahun. Sekarang umur 21 tahun dengan visi ke depan ingin berkontribusi untuk dunia yang lebih baik dengan memasyarakatkan Al-Qur’an.

Keenam, Fatih berpesan agar hafalan harus diulang tiap hari. Supaya cepat hafal, jangan melulu menghafal melainkan
perbanyak juga tilawah. Minimal tilawah 2 juz/hari.

Itulah Tips Mudah Menghafal Al Qur’an dari fatih , semoga semakin banyak hafalan yang kita bisa dapatkan

Sumber :Inspiradata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here