Tiga Macam Syukur Seorang Muslim

Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah , Seorang muslim harus senantiasa mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Allah kepada kita. Yaitu dengan bersyukur dengan sebenar-benarnya.

Dalam mensyukuri nikmat Allah harus melibatkan 3 hal, atau syukur kita kepada Allah harus melibatkan 3 hal dalam diri seorang muslim.

Syukur yang Pertama, Asy Syukur Bi Qalbi, yaitu menysukuri nikmat Allah dengan melalui hati kita . Ada keinginan , niat atau kegelisahan dari hati untuk bersyukur kepada Allah.

Syukur yang Kedua, yaitu bersyukur dengan lisan, ialah cara bersyukur yang sering kita ungkapkan saat ini yaitu dengan ucapan Alhamdulillahi rabbil alamin

Asy Syukru bil Af’al yaitu bersyukur dengan amal perbuatan. Cara bersyukur yang ketiga ini sebagai bukti kalau diri kita ini benar-benar bersyukur kepada Allah SWT. Misalnya, dengan cara bersedekah, berinfawq dan menggunakan sebagian harta kita untuk berjihad fisabilillah, terkait dengan sikap syukur tersebut ALlah berfirman dalam Surat Al Baqarah

Tiga Macam Syukur Seorang Muslim

“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.”

Dalam ayat diatas Allah memerintahkan kepada orang orang beriman untuk memakan makanan yang baik dari rezeki yang Allah telah menganugrahkan kepadanya.

Lalu setelah itu Allah melanjutkan “Dan Bersyukurlah kepada Allah.” Artinya jangan menikmati terus lupa bahwa kenikmatan tersebut datang datang dari sisi Allah SWT. Kita diminta untuk selalu ingat kepadaNYA yang telah menganugrahkan atau yang memberi nikmat tersebut.

Dalam ayat lain Allah menjamin bahwa orang-orang yang bersyukur dengan nikmat yang sudah diberikan akan dilipatgandakan atau menambah nikmat tersebut.

“Dan ingatlah juga , tatkala Tuhannmu memakmlumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatku maka sesungguhnya Azabku sangat pedih”.

Related articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share article

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.

Belum Bisa Baca Qur'an ?

"Dengan menggunakan Metode Rubaiyat, Belajar Membaca Al Qur'an jadi mudah dan menyenangkan"