Jumat, September 17, 2021
BerandaBelajar IslamTiga Kondisi Manusia Tidak didekati Malaikat

Tiga Kondisi Manusia Tidak didekati Malaikat

Tiga Kondisi Manusia Tidak didekati Malaikat
Tiga Kondisi manusia tidak didekati Malaikat (Ilustrasi Minuman keras, Unsplash)

Ada tiga Kondisi manusia yang tidak didekati malaikat Rahmat. Kedudukan malaikat sangat mulia disisi Allah. Tugas mereka adalah ibadah dan taat kepada Allah tidak pernah membantah dan durhakan dan melakukan perbuatan maksiat

Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang suci tanpa dosa. Doa mereka dikabulkan Allah SWT. Hal ini juga karena mereka diciptakan hanya fokus untuk ibadah dan tak melakukan maksiat.

sebuah keberuntungan dan nikmat yang besar jika kita dekat dengan malaikat dengannya mereka mengaminkan doa doa yang kita panjatkan sehingga peluang terkabul doa kita semakin besar. Namun, ternyata ada beberapa golongan yang malaikat enggan mendekati mereka? Siapa saja?

Tiga golongan manusia yang tidak didekati malaikat disebutkan dalam satu kitab at-Targhib wa at-Tarhib kararangan Imam Al-Mudziri terdapat hadits Rasulullah ﷺ yang menyebutkan demikian:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ثَلَاثَةٌ لَا تَقْرَبُهُمُ الْمَلَائِكَةُ الْجُنُبُ وَالسَّكْرَانُ وَالْمُتَضَمِخُ بِالْخَلُوْقِ

Rasulullah ﷺ bersabda, “Ada tiga orang yang tidak mau malaikat rahmat mendekati mereka. Yaitu orang-orang yang junub (tidak segera mandi besar), dan orang yang mabuk, dan orang yang berlumuran dengan minyak zakfaron.”

Ketika sedang mempunyai hadas besar baik itu sebab keluarnya air mani, atau berhubungan intim suami istri maka segeralah mandi. Jangan sampai menunda-nundanya apalagi sampai kehabisan waktu sholat. Sebab selama orang tersebut dalam keadaan junub maka malaikat rahmat enggan untuk mendekatinya.

Minyak zakfaron ini sering digunakan para dukun saat melakukan ritualnya. Maka bagi orang yang memenuhi tubuhnya dengan minyak tersebut malaikat rahmat enggan untuk mendekatinya. Apalagi orang yang dalam keadaan mabuk. Maka segeralah menghilangkan najis dari minuman keras tersebut dan segeralah bertaubat memohon ampunan Allah SWT.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments