Banner Metode Rubaiyat
Gambar Ilustrasi :pexel

Di dalam salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang di riwayatkan oleh Imam Muslim di sebutkan tiga golongan yang akan menjadi penghuni surga di akherat kelak.

Iyadh Bin Himar RA berkata, ” Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Penghuni surga itu terdiri dari tiga kelompok, Yaitu penguasa yang adil dan disenangi, orang yang mempunyai sifat kasih sayang dan lunak hati kepada setiap sanak keluarga dan setiap muslim, serta orang miskin yang menjaga kehormatan dirinya sedangkan ia mempunyai keluarga.” (HR Muslim).

Dari hadits diatas, Nabi SAW menjelaskan tiga golongan yang akan menjadi penghuni surga di Akherat nanti. Surga adalah tempat yang penuh kenikmatan yang disediakan untuk orang-orang beriman dan bertaqwa. Ketika ditanya semua manusia pasti berharap bisa masuk surga yang penuh dengan kenikmatan abadi. Sedangkan Tiga golongan penghuni surga diantaranya adalah,

Pemimpin yang adil dan dicintai merupakan salah satu golongan penghuni surga yang telah disebutkan dalam hadits diatas. Di dalam hadits lain disebutkan pula bahwa pemimpin yang adil termasuk salah satu golongan yang akan mendapatkan naungan atau pertolongan dari Allah SWT di akherat nanti.

Kemudian yang kedua adalah orang yang mempunyai sifat kasih sayang. Kasih sayang yang dibuktikan kepada sanak keluarga, kerabat atau sesama muslim, merupakan akhlak yang mulia, tanpa memandang, kedudukan harta dan rupa.

Selanjutnya adalah orang miskin yang tetap menjaga kehormatan dari belas kasihan orang lain. Sehingga ia tampak dimata orang lain orang yang cukup. Tidak membutuhkan belas kasihan orang lain apa lagi sampai merendahkan diri dengan meminta-minta.

sumber :Republika

Baca Juga  Syarat - Syarat Hewan Qurban Yang Perlu diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here