Banner Metode Rubaiyat
Wisudawan Inspiratif , Siti Aisah di Usia 80 Tahun Hafal 3 Juz Al Qur'an
Photo :Jawapos

Usia sudah terbilang senja bukan menjadi penghalang untuk belajar. Hal itulah yang dilakukan oleh Siti Aisah, walau usianya sudah 80 tahun namun berkat ketekunannya menghafal Al Qur’an , hasilnya sudah 3 juz Al Qur’an yang dihafal.

Siti aisah membutuhkan waktu 3 tahun untuk menghafal. Awalnya menghafal surat-surat pendek yang ada di Juz 30, setelah hafal kemudian mundur ke Juz 29  dan loncat ke Juz 1. Semua dilakukan dengan telaten, tak ada metode khusus yang dilakukan untuk menghafal Al Qur’an.

Matur nuwun nggih, Nak…,’’ ucapnya saat menerima piala dan piagam dari panitia. Saat disanjung bahwa usahanya menghafal Alquran bisa menjadi teladan bagi generasi muda, Aisah hanya menjawab singkat.

’’Inggih,’’ tuturnya yang disambut tepuk tangan peserta lain. Setelah wisuda, didampingi menantu dan anak pertamanya, Syamsul Huda, Aisah keluar dengan wajah semringah. Gurat wajah tuanya tidak mengurangi semangat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan wartawan dan pengunjung yang meminta foto. Kemarin Aisah bak ”artis” legenda. Yang tetap menarik di usia tua.

’’Saya terus menghafal sejak tiga tahun lalu,’’ ucapnya. Saat itu, usia nenek asal Desa Gelam, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, tersebut sudah 77 tahun. Bukan termasuk usia muda untuk urusan hafal-menghafal. Tapi, Aisah mendobrak itu. dikutip dari jawapos

Setiap ada waktu luang digunakan untuk menghafal Al Qur’an. Begitu dilakukan secara terus-menerus. Dibaca secara berulang-ulang pada siang atau malam ketika di dalam rumah.

Ketika diluar rumah. Siti Aisah juga menghadal hanya saja , bacaannya tidak keras hanya di ulang didalam hati. Resep dari semuanya adalah tekad dan fisik yang masih bugar. Tak ada rahasia khusus, rutinitas yang di jalankan sama halnya dengan lansia pada umumnya.

Baca Juga  Kisah Romansa Kakek Mahmud dan Mak Cum di Tanah Suci

Siti Aisah mendapatkan penghargaan pada acara Majelis Pecinta Qur’an  yang di selenggarakan oleh griya Qur’an. Mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yakni Wisudawan Inspiratif dan Hafizah Tertua diantara 280 peserta.

Semoga bisa menginspirasi kita yang masih muda untuk semakin dekat dengan qur’an. Membacanya, menghafalnya dan mengamalkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here