Jika Anda berkunjung ke Bandara Adi Sumarmo Solo, sekitar 10 menit sebelum bandara Anda akan menemukan sebuah museum yang sangat menarik. Area parkirnya luas dan warna putih gading dominan memberi warna bagian luar museum.

De Tjolomadoe, sebuah pabrik gula yang sudah tidak beroperasi kemudian dirombak dengan apik menjadi sebuah destinasi wisata instagramable.

Dengan tiket 25 ribu rupiah pengunjung dapat masuk untuk menikmati fasilitas museum dan berswafoto.

Pabrik gula (PG) ini adalah salah satu dari serangkaian pabrik gula di tanah Jawa. Jika di Yogyakarta ada PG Madukismo dan di Klaten ada PG Gondang Winangoen, maka solo punya PG Colomadu.

Didirikan pada tahun 1861 dan beroperasi hingga sekitar tahun 1998 PG Colomadu menjadi salah satu simbol kemajuan perekonomian pada masanya.

Sayangnya sudah lama tidak beroperasi banyak fasiliatas dan kondisi bangunan PG Colomadu yang terbengkalai dan rusak. Hingga pada tahun 2017 dibentuklah  PT Sinergi Colomadu yang merupakan gabungan beberapa PERSERO merevitalisasi PG Colomadu menjadi semenarik saat ini.

Masuk ke dalam museum pengunjung akan disuguhi suasana ala stasiun kereta Eropa, dengan berbagai alat pembuat gula modern berukuran besar. Pengunjung juga diedukasi mengenai area penyebaran pabrik gula di Indonesia di sebuah ruang edukasi.

Salah satu area yang cukup menarik bagi penikmat kuliner adalah cafe yang terletak di dekat pintu keluar museum. Selain menikmati suguhan kopi dan kuliner nikmat lainnya pengunjung dapat berswafoto di cafe cantik ini.

Museum Pabrik Gula De Tjolomadoe

Selamat berwisata.

 

 

Baca Juga  Wisata kekinian, The Lost World Castle, di Lereng Merapi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here