Banner Metode Rubaiyat

Dieng menyimpan keindahaan alam yang luar biasa, kondisi alamnya yang mayoritas berbukit dan memiliki suhu udara yang dingin. Menjadi daya tarik bagi para pecinta alam khususnya yang hobi mendaki gunung, bercengkerama menikmati keindahan Matahari terbit dari atas Bukit Sikunir .

Secara administratif Dieng masih masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Letaknya disebelah barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki ketinggian rata-rata 2000 meter diatas permukaan air laut. Suhu udara berkisar 12-20 di siang hari dan 6-10 derajat pada malam hari.

Pada musim kemarau suhu udara Dieng sangat ekstrim utamanya pada malam hari. Suhu tersebut bisa mencapai 0/nol derajat. Hingga bisa merusak tanaman para petani yang ada di lereng-lereng bukit atau pegunungan.

Bukit Sikunir menampilkan panorama alam yang sangat indah khususnya ketika pada saat momen Matahari terbit, momen inilah yang diburu para pendaki . Melihat secara langsung keindahan ciptaan Allah yang Maka Kuasa. Untuk mencapai Bukit Cikunir medan yang di tempuh tidak terlalu sulit atau ekstrim.

Biasanya para pendaki akan beristirahat dulu di basecamp bawah yang sekaligus tempat tersebut di jadikan sebagai lahan parkir kendaraan. Para pendaki mendirikan tenda-tenda di sekitar danau untuk beristirahat. Karena pendakian ke bukit Sikunir untuk melihat matahari terbit baru akan di buka sekitar pukul 03:30 pagi. Untuk biaya parkir kendaraan roda empat dikenakan parkir 10.000 rupiah.

Di area basecamp banyak terdapat warung – warung makanan, pernak-pernik kelengkapan mendaki, MCK dan juga Mushola. Biasanya malam para pendaki akan beristirahat dulu di tenda-tenda. Mereka melakukan pendakian ketika dibuka pada dini hari.

Jadi siapkan jaket yang tebal serta penutup kepala, bahkan sleeping bad jika dirasa masih dingin. Agar kondisi badan tidak terganggu dengan suhu yang ekstrim pada malam hari.

Pada musim liburan sekolah tempat ini sangat ramai. Tidak hanya anak muda tapi juga para keluarga menikmati liburan disini. Sepanjang jalan pendakian samping kanan kiri banyak terdapat penjual makanan dan oleh-oleh. Kentang dan Carica minuman khas dari Dieng di jual disini.

Jalur keatas Bukit Sikunir melewati lereng dengan bebatuan, tidak terlalu terjal namun sekali lagi jika musim liburan tempat ini sangat ramai hingga susah untuk mendaki saking banyaknya yang ingin melihat sunrise dan berswafoto, jadi anda harus mulai mendaki sejak awal pendakian di buka.

Rasa lelah akan terbayar lunas ketika sudah mencapai puncak Sikunir. Dari arah timur terlihat semburat warna merah. Menunggu Matahari terbit di selimuti kabut , awan dan dihiasi pegunungan sekitar. Subhanallah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here