Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan

Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan. Bagi umat islam wudhu adalah perkara yang sudah biasa dilakukan. Berwudhu adalah alah satu sarana untuk mensucikan diri dari hadas kecil sebelum kita beribadah kepada Allah SWT atau mendirikan shalat.

Tidak hanya perkara dalam ibadah shalat. Wudhu juga bisa dilakukan ketika akan tidur, ketika sedang marah atau ketika akan bepergian. Agar bisa mendapatkan manfaat dari wudhu yang kita lakukan, maka kita  harus tahu dahulu Cara Berwudhu benar dan sempurna.

Ternyata ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan berwudhu. Air yang kita pakai untuk membasuh anggota dari badan kita mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. lalu Apasaja Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan?

Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan

Pertama, Membersihkan tangan kita. Setiap hari kita melakukan aktivitas pekerjaan dengan kedua tangan kita. Bekerja , menulis, memasak, mengangkat barang atau hal-hal lain yang menggunakan kedua tangan kita. Kita tidak tahu bahwa semua aktivitas tersebut membawa kuman yang menempel. Sehingga dengan berwudhu, kotoran atau kuman yang ada ditangan larut terbawa air.

Kedua, Mengurangi Sakit Kepala. Membasuh kepala pada saat berwudhu merupakan terapi untuk memberikan rasa segar di otak sekaligus memberikan efek pemijatan pada kulit kepala.

Ketiga, Mencegah Sakit Gigi dan Gusi. Berkumur pada saat berwudhu akan membuang semua kuman dan dan kotoran pada mulut. Kondisi mulut yang bersih akan mencegah timbulnya penyakit, sehingga gigi dan gusi menjadi sehat.

Keempat, Terhindar dari Penyakit Kulit, Proses rangkaian berwudhu terdiri dari membasuh mayoritas anggota badan, muka , tangan, sela-sela kuping dan kaki. Sehingga kulit akan senantiasa bersih dan terhindar dari penyakit kulit panu, kadas, kurap.

Kelima Menjaga Kesehatan Hidung, Sebagai bagian dari organ pernapasan, Hidung rentan dengan kotoran yang terkandung dalam udara yang di hirup. Beberapa kotoran akan menempel pada rongga hidung yang bisa menyebabkan iritasi. Dengan mencuci dan menghirup air dan mengeluarkannya kembali pada saat wudhu akan menjaga hidung tetap sehat.

Baca Juga  7 Cara Menjadikan Hidup Lebih Bermakna dengan Alquran

Keenam, Mencerahkan Mata. Saat membasuh wajah pada saat wudhu, sudah pasti mata akan terkena air wudhu. Air yang menerpa mata bisa membuat mata kembali rileks dan segar. Sehingga mata akan kembali cerah setelah lelah bekerja.

Ketujuh, Menormalkan kembali detak jantung. Berdasarkan penelitian Ahamd Syauki yang ahli dalam bidang penyakit dalam dan penyakit Jantung. Wudhu mempunyai kasiat yang mumpuni pada saat membasuh anggota tubuh dengan air mampu membuat normal jantung berdetak stabil.

Kedelapan, Menyembuhkan Insomnia, Jika anda kerap mengalami gejala susah tidur maka air wudhu adalah obatnya

Kesembilan, Menstimulus Syaraf Pusat, Menurut penelitian yang di lakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, beliau adalah psikiater sekaligus ahli di bidan neurology dari Austria mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudlu. Pusat syaraf manusia yang paling peka adalah pada bagian tangan, kaki serta sebelah dahi. Ketiga bagian ini bisa di katakana sangat sensitif dengan keberadaan air segar. Sehingga ketika anda membasuh ketiga bagian tersebut, secara tidak langsung anda membangunkan dan menstimulus syaraf pusat.

Kesepuluh, bebas dari Kuman berbahaya. Kuman berkembang dimanapun, pada barang-barang yang kita pakai sehari-haripun ada. Nah dengan bersuci pada saat berwudhu akan menjaga anggota tubuh yang terkena air wudhu tetap bersih.

Kesebelas, Merilekan Otot sebelum tidur. Ketika siang hari pada saat aktivitas kerja sangat padat bisa membuat otot menjadi tegang. Nah dengan berwudhu otot akan kembali rileks serta badan akan terasa segar kembali.

Tentu semua manfaat diatas bisa kita peroleh dengan berwudhu secara ikhlas, tuma’ninah dan sempurna.

Sumber:darunnajah.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here