Makna Mimpi Bertemu Ular Menurut Ibnu Sirin
Gambar Ilustrasi : Unsplash

Muhammad Ibn Sirin wafat pada tahun 110 Hijrah, beliau pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir Al-Ahlam, Kitab ini berisi kumpulan mimpi-mimpi dan cara memaknainya.

Menurut Ibn sirin mimpi yang benar itu ada dua macam; pertama adalah mimpi yang benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena sudah jelas tergambar dalam mimpi; dan yang kedua adalah yang membutuhkan penafsiran karena mimpi tersebut mengandung hikmah dan makna lain diluar yang terlihat di dalam mimpi.

Berkaitan dengan mimpi bertemu dengan ular, Dalam bahasa arab ular disebut dengan “hayyah” . Dalam mimpi, Ular adalah simbol yang membutuhkan penafsiran, ia bisa berarti musuh, negara, harta, perempuan atau anak, atau sumber kehidupan lainnya.

Terkait dengan Mimpi Bertemu Ular, Berikut Penfasiran Menurut Ibn Sirin

  • Menurut Ibn Sirin jika suatu saat seseorang bermimpi bertemu dengan ular yang sanat besar. Dan kemudian orang tersebut tidak merasa takut menghadapinya , maka ia akan memperoleh kekuatan dan kekuasaan.
  • Jika seseorang dalam mimpinya ia memasukan ular kedalam rumahnya, maka hal itu menunjukan  adanya musuh yang ingin berbuat buruk kepada dirinya, Namun jika ular yang masuk kedalam rumah tadi berhasil ditangkap kembali, maka ia akan memperoleh keuntungan dari orang yang berniat buruk kepadanya, Ibn sirin memperkuat pendapatnya dengan kutipan Qur’an Surat Thaha :21

    قَالَ خُذۡهَا وَلَا تَخَفۡۖ سَنُعِيدُهَا سِيرَتَهَا ٱلۡأُولَىٰ – ٢١
    “Peganglah ia jangan takut , Kami akan mengembalikannya kepada keadaan semula” (Thaha :21)

  • JIka seseorang bermimpi dalam mimpinya seekor ular kecil tiba-tiba keluar dari saluran kencing, menurut Ibn sirin ia akan dikarunai seorang anak
  • Ular juga merupakan simbol dari perempuan, Ketika seseorang bermimpi memukul ular  dan memotongnya menjadi tiga bagian, maka ia akan mentalaq istrinya sebanyak tiga kali
  • Jika seseorang bermimpi membunuh ular maka ia diprediksi akan menikahi seorang perempuan.

Suatu ketika Ibn sirin ditanya tentang seseorang yang bermimpi tentang ular yang di lihat dalam mimpinya.

Fulan :”Aku bermimpin melihat seekor ular berlari dan aku mengikutinya, lalu ia masuk kedalam lubangnya, saat itu aku memegang sekop dan menutup lubang itu dengan sekop”

Ibn Sirin:” Apakah kamu sedang melamar seseorang perempuan?”

Fulan :”Iya”

Ibn Sirin :”Sebentar lagi engkau akan menikahinya dan memperoleh warisan darinya”

Akhirnya fulan tadi menikah dengan seorang wanita dan tak lama wanita tersebut meninggal dunia dan meninggalkan warisan sebanyak 7000 dirham.

Tapi kembali lagi,  semua Allah SWT yang Maha Kuasa yang menentukan. Tidak semua prediksi dari Ibn Sirin terjadi. Ia sebagaimana orang pada umumnya bisa saja prediksinya tak sesuai dan berbeda dengan penafsiran ulama lain,

Sumber:bincangsyariah

Baca Juga  Sense Of Belonging "Perasaan Memiliki"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here