Banner Metode Rubaiyat
Lima Kebahagiaan Dunia dan di Akhirat
Ilustrasi Gambar : Unsplash

Lima Kebahagiaan Dunia dan di Akhirat. Setiap manusia yang terlahir ke dunia pasti ingin hidup bahagia, kaya atau miskin. Ukuran kebahagiaan bukan selalu diukur dengan materi. Keberlimpahan harta yang dimiliki, bukan itu ukuran kebahagian. Karena sering kita mendengar atau melihat berita di media seseorang yang di kelilingi dengan materi, uang banyak, popularitas justru berakhir tragis ada yang bunuh diri, depresi dan lain sebagainya.

Bagi umat islam sudah jelas bahwa kebahagiaan di dunia dan di Akhirat hanya bisa diraih dengan kita mendekat kepada Allah Sang pencipta langit dan bumi, mentaati semua perintah dan menjauhi larangan Allah.

Lima Kebahagiaan Dunia dan di Akhirat

Dalam mencari kebahagiaan salah seorang sahabat Nabi, Abdullah bin ‘Amr Bin ‘Ash berkata: “Orang yang memiliki lima hal berikut akan bahagia didunia dan diakherat, yaitu:

  1. Banyak banyak membaca, ‘Laa ilaaha illallooh Muhammadurasulullah
  2. Setiap kali ditimpa musibah mengucapkan:’Innaa lillaahi wa innaa ilaihi Roji’un. wa laa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘Aliyyil ‘azhiim.’ (Sesungguhnya kami ini milik Allah dan akan kembali kepadaNYA. Tiada daya (untuk menjauhi maksiat daan tiada kekuatan untuk taat , kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.
  3. Ketika menerima nikmat dari Allah mengucapkan :’Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin (Segala puji hanya milik Allah Rabb Semesta Alam) sebagai bentuk syukur secara lisan.
  4. Setiap kali memulai sesuatu selalu mengucapkan Bismillaahir rohmaanir rohiim.
  5. Setiap kali melakukan dosa ia membaca, ia membaca Astaghfirulllah ‘azhim, wa atuubu ilaiih.(Aku memohon kepada Allah dan bertaubat kepada NYA)

Berkaitan dengan poin 1. Rosulullah bersabda:

“Perbanyaklah kalian berdzikir kepada Allah dalam segala keadaan, karena sesungguhnya tidak ada amal yang lebih dicintai Allah dan lebih menyelematkan seseorang dari semua keburukan dunia dan akhirat dari pada berdzikir kepada Allah. “(HR. Ibnu Sharshari)

Berkaitan dengan no 2 Rasulullah bersabda: “Janganlah kalian banyak berbicara selian berdzikir kepada Allah, karena sesungguhnya banyak berbicara selain dzikir menyebabkan hati menjadi keras. padahal manusia yang jauh dari Rahmat ALlah adalah orang yang memiliki hati keras.” (HR Tirmidzi).

Berkaitan dengan poin 3 Rasulullah bersabda :“Ucapan yang paling disenangi Allah ada empat, Yaitu Subhaanallaah, Alhamdulillaah, laa ilaaha illallaah dan Allhauakbar. Tidak ada masalah bagimu untuk memulai dari lafazh yang mana dalam mengucapakannya. “(HR Muslim dan Nasa’i dari Samurah bin Jundub)

Berkaitan dengan nomor 4 Rasullah bersabda:”Setiap perbuatan baik yang didalamnya tidak dimulai dengan pujian kepada Allah, maka perbuatan tersebut terputus dari Rahmat Allah”.(HR. Ibnu Hibban)

Berkaitan dengan Nomor 5 Rasulullah bersabda:” Maukah kalian aku tunjukan kepada Kalian mengenai penyakit kalian dan obat untuk kalian? bawasannya penyakit kalian adalah berbuat dosa, sedangkan obatnya adalah beristighfar”.(HR Dailami, dari Anas Bin Malk).

Itulah Lima Kebahagiaan Dunia dan di Akhirat, sangat mudah untuk dilakukan bila melakukannya dengan rasa keimanan. Perbuatan yang mudah dilakukan bagi setiap muslim. Tidak harus kaya untuk bahagia, tidak harus terkenal untuk bahagia. Ketika kita bisa melaksanakan lima point di atas makan Insya Allah kebahagian akan kita raih dalam kehidupan nyata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here