Banner Metode Rubaiyat

Para nabi dan rasul yang diutus Allah kepada para manusia, salah satu tujuannya adalah agar menjadi panutan umatnya dalam menjalani kehidupan didunia ini. Baik contoh dalam beribadah kepada Allah maupun dalam berinteraksi dengan sesama manusia dan  lingkungan alam sekitar yang menjadi tempat tinggal.

Salah satu yang bisa kita contoh adalah  dalam berdoa kepada Allah, bagi umat islam, sobat semua tentu tidak pernah meninggalkan aktivitas ini, Doa yang dilakukan setelah sholat maupun pada saat melakukan aktivitas sehari-hari

Nah berikut adalah Kumpulan Doa Mustajab Para Nabi yang diabadikan didalam Al Quran. Kita  bisa mencontohnya pada saat berdoa kepada Allah, agar doa kita  di kabulkan dan mendapat ampunan oleh Allah SWT.

Kumpulan Doa Mustajab Para Nabi didalam Al Quran

    1. Doa Nabi Adam AS

      1. رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ
        Ya Tuhan Kami, Kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi Rahmat kepada Kami, Niscaya kami termasuk orang yang merugi ” (Q.S. Al A’raf/7:23)

    2. Doa Nabi Nuh AS
      • رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَّلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِۗ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا تَبَارًا
        “Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan Siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang  yang beriman laki laki dan perempuan. Dan janganlah engkau tambahkan bagi orang-orang yang zhalim itu selain kehancuran “(Q.S Nuh/71:28)
      • رَبِّ اِنِّيْٓ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهٖ عِلْمٌ ۗوَاِلَّا تَغْفِرْ لِيْ وَتَرْحَمْنِيْٓ اَكُنْ مِّنَ الْخٰسِرِيْنَ
        “Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepada-MU memohon kepadaMU sesuatu yang aku tidak mengetahui hakekatnya. Kalau engkau tidak mengampuni  dan tidak menaruh belaskasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang merugi” (Q.S Hud/11:47)
      • رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

        ” Ya Tuhanku , tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat” (Q.S. Al Mu’minun/23:29)
    3. Doa Nabi Hud a.s
      • اِنِّيْ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ رَبِّيْ وَرَبِّكُمْ ۗمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ اِلَّا هُوَ اٰخِذٌۢ بِنَاصِيَتِهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ عَلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ “Sesungguhnya aku bertawakal kepada Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak satupun makhluk yang bergerak yang bernyawa melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya (Menguasainya). Sungguh Tuhanku di Jalan Yang adil ” (Q.S. Hud/11:56) 
    4. Doa Nabi Ibrahim a.s

      • رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

        “Ya Tuhan kami terimalah amal kami, Sungguh, Engkaulah yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui (Q.S Al Baqarah/2:127)
      • رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ “Ya Tuhan kami jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-MU, dan anak cucu kami juga umat yang berserah diri kepada-MU dan tunjukanlah kepada kami cara-cara ibadah haji kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh , engkaulah Yang Maha Menerima Taubat, Maha Penyayang” (Q.S AL Baqarah/2:128)
      • رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ” Ya Tuhanku , jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan Shalat, Ya Tuhan Kami perkenankan Doaku. (Q.S. Ibrahim/14:40)
      • رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ“Ya Tuhanku ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (Hari Kiamat)” (Q.S Ibrahim/14:41)
      • رَبِّ هَبْ لِيْ حُكْمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ وَاجْعَلْ لِّيْ لِسَانَ صِدْقٍ فِى الْاٰخِرِيْنَ ۙوَاغْفِرْ لِاَبِيْٓ اِنَّهٗ كَانَ مِنَ الضَّاۤلِّيْنَ ۙ

        “Ya Tuhanku , Berikanlah kepadaku Ilmu dan Masukanlah aku kedalam golongan orang-orang yang shaleh, dan Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian dan ampunilah ayahku, sesungguhnya dia termasuk orang yang sesat” Q.S (ASy Syu’ara’/26:83-85)
      • رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَاِلَيْكَ اَنَبْنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

        “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal dan hanya kepada Engkau kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali “ (Q.S Al-Mumtahanah/60:5)
      • رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ”Ya Tuhan kami jangan jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir. Dan Ampunilah kami, Ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau Maha Perkasa Maha Bijaksana ” (Q.S Al Mumtahanah/60:5)
      • رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ
        “Ya Tuhanku anugerahkanlah kepadku seorang anak yang termasuk orang shaleh” (Q.S As – Shaffat/37:100)
    5. Doa Nabi Luth a.s

      • رَبِّ انْصُرْنِيْ عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِيْنَ
        “Ya Tuhanku Tolonglah aku (dengan menimpakan Azab) Atas golongan yang membuat kerusakan itu” (Q.S Al ‘Ankabut/29:30)
      • رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ
        “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari akibat perbuatan yang mereka kerjakan” (Q.S Asy Syu’ara’/26:169)
    6. Doa Nabi Ya’kub a.s
      • اِنَّمَآ اَشْكُوْا بَثِّيْ وَحُزْنِيْٓ اِلَى اللّٰهِ
        “Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku (Q.S Yusuf/12:86)
    7. Doa Nabi Yusuf a.s 
      • رَبِّ السِّجْنُ اَحَبُّ اِلَيَّ مِمَّا يَدْعُوْنَنِيْٓ اِلَيْهِ ۚوَاِلَّا تَصْرِفْ عَنِّيْ كَيْدَهُنَّ اَصْبُ اِلَيْهِنَّ وَاَكُنْ مِّنَ الْجٰهِلِيْنَ
        “Wahai Tuhanku penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipudaya mereka, niscaya aku akan cenderung memenuhi keinginan mereka dan tentu aku termasuk orang yang bodoh” (Q.S Yusuf/12:33)
      • فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ“Wahai Tuhan Pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang orang yang shaleh” (Q.S Yusuf/12:101)
Baca Juga  Wisudawan Inspiratif , Siti Aisah di Usia 80 Tahun Hafal 3 Juz Al Qur'an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here