Surah Al Kahfi adalah  surah ke 18 di dalam Al Quran, Surah ini  diturunkan di kota Mekah. Ketika seorang muslim membaca surah Al Kahfi pada  malam atau hari Jum’at maka ia akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa dari Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadits.

Keutamaan-keutamaan itu di antaranya adalah.

  1. Dipancarkan Cahaya Kelak di Hari Kiamat

    Keutamaan mambaca surah Al Kahfi yang pertama, bagi orang yang membacanya pada hari jum’at atau malam jum’at, Allah akan memancarkan cahaya baginya pada hari kiamat kelak. Seperti yang telah di sebutkan dalam Hadits Rosululloh Shallallhu ‘alaihi Wasalam:

    مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
    “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al Hakim, AL Baihaqi dan Ad Darimi)
    مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ كَمَا أُنْزِلَتْ ، كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ
    “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi, sebagaimana yang diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat” (HR Hakim)

  2. Diampuni Dosanya Antara Dua Jum’at

    Keutamaan membaca surah al Kahfi selanjutnya adalah, Allah akan mengampuni dosa-dosanya diantara dua jum’at. Jum’at yang lalu dengan Jum’at yang sekarang.

    مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
    “Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar dari bawah kakinya sampai kelangit, Akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at” (Hadits riwayat Ibnu Umar dala at-Targhib wa al Tarhib)

  3. Diselamatkan dari Fitnah Dajjal

    Keutamaan selanjutnya yang sangat menakjubkan adalah diselamatkan dari fitnah Dajjal. Bagi seorang muslim yang hafal 10 ayat pertama surah Al Kahfi akan mendapatkan pertolongan dari Allah berupa selamat dari fitnah Dajjal.

    مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ
    “Barangsiapa hafal sepuluh ayat permulaan surah Al Kahfi, maka ia di lindungi dari Dajjal (HR MusliM)

    مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنَ الْكَهْفِ لَمْ يَخَفِ الدَّجَّالَ
    ” Barangsiapa hafal sepuluh ayat pertama dari permulaan  surah Al Kahfi, Maka ia di lindungi dari fitnah Dajjal” (HR Darimi)

Demikian keutamaan yang akan didapat bagi setiap muslim yang membaca Al Kahfi pada malam Jum’at atau hari Jum’at. Semoga bisa menambah semangat kita untuk senantiasa merutinkan amalan ini disetiap hari Jum’at.

Baca Juga  6 Keutamaan Bagi Orang Yang Berdzikir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here