Wednesday, June 19, 2024

Keutamaan Al-Qur’an Al-Karim

Belum Bisa Baca Qur'an ?

Anda atau orang yang anda cintai belum bisa baca Qur'an? Ingin bisa baca qur'an dengan cepat dan mudah?

Keutamaan Al-Qur'an Al-Karim

Allah Swt. berfirman :

Sesungguhnya al-Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang terpelihara. Tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. (Qs Al Waqi’ah :77-80)

Apabila kamu membaca al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. (Qs an-Nahl:98)

Apabila dibacakan Al Qur’an , maka dengarkanlah baik baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. (Qs al-Araf :204).

..Dan bacakanlah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan (Qs al-Muzammil ; 4)

Keutamaan Surah Al-Fatihah

Hadits Nabi Tentang Keutamaan Surah Al Fatihah

Rasulullah Saw. bersabda:

“Surah yang paling utama dalam Al Qur’an al-karim ialah surah al-fatihah.” (HR Al-hakim, AL Baihaqi dari Anas ra.)

“Tidaklah Allah memberikan nikmat-Nya kepada seorang hamba, lalu dia mengucapkan al-hamdu lillah, kecuali Dia akan menerima syukur yang disampaikannya, jika dia mengucapkan dua kali, maka Allah akan menambahkan lagi pahala baginya. Jika dia mengucapkannya ketiga kalinya, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (HR AL Hakim dan Al Baihaqi dari Jabir R.a).

“Fatihatul Kitab (Surat Al Fatihah) merupakan obat penyembuh dari segala macam penyakit.” (HR Al Baihaqi dari Abdul Malik bin Umair ra.).

“Fatihatul Kitab diturunkan dari perbendaharaan yang berada dibawah arsy(Singgasan Tuhan).(HR Ibn Rahawaih dari Ali r.a).

Fatihatul Kitab adalah ayat al kursi yang dibaca seorang hamba oleh seorang hamba dirumahnya menyebabkannya tidak akan terkena kejahatan yang di lakukan manusia maupun jin.” (HR ad Dailami dari Imran bin Hushain r.a)

Hadits Nabi Tentang Keutamaan Surah Al Baqarah

Nabi Saw. yang mulia bersabda:

“Sesungguhnya setiap sesuatu itu memiliki penghulu, dan penghulu Al Qur’an adalah surah Al Baqarag. Barangsiapa membacanya dirumahnya pada malam hari, maka rumahnya tidak akan dimasuki setan selama tiga malam. Barangsiapa membacanya di rumahnya pada siang hari, maka rumahnya tidak akan dimasuki setan selama tiga malam.” (HR Ibn Hibban, At Thabrani dan Al Baihaqi dari sahl bin Sa’ad r.a).

“Didalam surah al-Baqarah ada ayat yang paling utama di antara ayat-ayat al-Qur’an lainnya. Bila ayat ini dibaca dalam suatu rumah yang dihuni setan, maka setan itu akan segera keluar. Ia adalah ayat Qursi (Hr Al Hakim dan Al Baihaqi dari Abu Hurairah r.a).

“Sesungguhnya Allah Swt. mengakhiri surah Al Baqarah dengan dua ayat yang diberikan kepadaku dari perbendaharaan yang berada dibawah arsy-Nya. Oleh karena itu, pelajarilah dua buah ayat itudan ajarkanlah kepada istri dan anak-anak kamu semua. Sebab, dua buah ayat itu adalah sawalat , bacaan dan sekaligus doa.” (HR Al-Hakim dari Abu Dzar R.a).

“Dua Buah ayat dikahir surah Al-Baqarah bila dibaca oleh seorang di malam hari, maka keduanya akan melindunginya.” (HR AHmad, Al Bukhari, Muslim dan Ibn Mas’ud R.a).

Hadits Nabi tentan Keutamaan Surah Ali Imran

Nabi Saw. yang mulia bersabda:

“Barang siapa membaca ayat ini :

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam
Kemudian dia mengucapkan :

Aku juga bersaksi terhadap kebenaran apa yang dinyatakan oleh Allah, dan kutitipkan kesaksian itu kepada-Nya, sehingga kesaksian itu menjadi simpanan bagi diriku di sisi-Nya.

Maka pada hari kiamat kelak akan dikatakan kepadanya,’Hai hamba-Ku, ini janji yang kutiitpkan kepada-Ku, dan Akulah yang paling berhak untuk memenuhi janji itu. Oleh karena itu, masukan hamba-Ku ini ke dalam surga.” (HR Abu As-Syaikh dari Ibnu Mas’ud r.a).

Terlaris

Kelebihan Belajar Baca Qur'an
dengan Metode Rubaiyat

  • Mendapatkan Paket Rubaiyat
  • Lebih Mudah
  • Lebih Cepat
  • Menyenangkan
  • Garansi Sampai Bisa
  • Menggunakan Zoom Premium untuk bimbingan Gratis
  • Mendapatkan Paket Metode Rubaiyat
  • Trainer Berpengalaman

Belajar Baca Qur'an dengan Mudah Cepat dan Menyenangkan

Mau Pahala Terus Mengalir Tanpa Batas ?

Donasi Pemberantasan Buta Aksara Al Qur'an di Indonesia,

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Media Sosial Rubaiyat

22,036FansLike
3,912FollowersFollow
19,700SubscribersSubscribe
-Metode Rubaiyat-

Artikel Populer