Hadits Keutamaan Membaca Al Qur’an

Keutamaan Membaca Al Qur’an. Setiap perilaku atau tingkah laku manusia khususnya umat islam selalu terikat oleh hukum islam. Baik dalam urusan dengan manusia ataupaun saat melakukan ibadah kepada Allah. Ketika perintah yang didasarkan al qur’an dan sunnah akan berbuahkan pahala. Sedangkan ketika larangan itu ditinggalkan akan terhindar dari kebinasaan.

Al Qur’an adalah kitab suci umat islam yang merupakan wahyu Allah. Diturunkan kepada umat akhir zaman melalui perantara Nabi yang mulia Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wasalam. Didalamnya terkandung Petunjuk , hikmah dan hukum agar manusia itu selamat menjalani tugasnya semasa didunia.

Hadits Keutamaan Membaca Al Qur'an

Perintah Membaca Al Qur’an

Umat islam diperintahkan untuk membaca Al Qur’an. Kalaupun kita belum bisa membaca Al Qur’an , maka sudah seharunya kita belajar membaca Al Qur’an agar tidak tergolong menjadi orang-orang merugi. Perintah membaca Al Qur’an terkandung dalam surah Al Alaq

Hadits Keutamaan Membaca Al Qur’an

Hadits dari Ibnu Mas’ud

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

Hadits dari Tamim Ad Darimy

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

Hadits dari Abu Hurairah

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim).

Related articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share article

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.

Belum Bisa Baca Qur'an ?

"Dengan menggunakan Metode Rubaiyat, Belajar Membaca Al Qur'an jadi mudah dan menyenangkan"