Banner Metode Rubaiyat
Doa Mustajab Agar Cepat Bisa Melunasi Hutang
Gambar Ilustrasi : Unsplash

Dalam islam perkara hutang piutang adalah sebuah kebolehan atau mubah. Namun begitu Al Quran memerintahkan untuk mencatat setiap transaksinya agar di kemudian hari tidak timbul masalah.

Jika berhutang dalam beberapa hari saja mungkin kita masih bisa mengingatnya. Tapi jika berhutang dibutuhkan waktu yang lama untuk melunasinya hendaknya di catat agar tidak lupa dikemudian hari karena keterbatasan daya ingat manusia.

Perintah untuk mencatat hutang piutang termaktub di  dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 282

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. dan hendaklah seorang penulis diantara kamu menuliskannya dengan benar

Tipe orang yang berhutang beraneka ragam, ada orang berhutang dan mudah untuk melunasinya , namun ada juga orang ketika  berhutang tidak lunas-lunas padahal sudah sesuai prinsip hutang piutang yang ada di dalam Al Quran.

uang atau barang yang dihutangkan adalah kepunyaan Allah. Jika ada orang yang berhutang menggunung namun belum juga bisa melunasinya maka sikap yang baik adalah berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan untuk menghadapinya dan kemampuan untuk melunasi hutang tersebut.

Doa yang diajarkan Imam Nawawi agar mudah melunasi hutang, adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِني بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِواكَ
“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal sehingga terhindar dari yang haram, Cukupkanlah aku dengan anugrahmu sehingga terhindar dari meminta bantuan selain-Mu (HR Tirmidzi)

Semoga yang berhutang di beri kemudahan untuk melunasi hutang-hutangnya.

Sumber: Adzkar Imam Nawawi/Bincangsyariah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here