Banner Metode Rubaiyat
Doa dan Dzikir Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi Photo by Nynne Schrøder on Unsplash

Doa dan Dzikir Untuk Ibu Hamil. Kelahiran anak atau buah hati tentu menjadi hal yang dinanti-nanti kebanyakan orang tua, tak terkecuali sebagai keluarga Muslim. Pada masa kehamilan sang ibu, apa yang perlu diucapkan setiap orang tua Muslim khususnya para ibu yang sedang mengandung?.

Berikut adalah pengalaman Seorang ibu dari tiga anak dan penduduk Toronto Kanada, bernama Fatima Mulla Panchbhaya, Saat dirinya sedang mengandung membacakan beberapa ayat suci dan dzikir untuk calon buah hatinya.

Fatima menempuh pendidikan Islam lanjutannya di Inggris, di mana dia lulus dari kursus teologi dan yurisprudensi Islam selama enam tahun.ia juga menyelesaikan studi komprehensif yaitu hadits, Alquran, tafsir, akidah, fiqih, dan tata bahasa Arab.

Sudah bertahun-tahun Fatima mengajar pelajaran agama Islam kepada para suster dari berbagai kelompok umur di banyak masjid.

Saat ini, ia mengajar kalangan muda dengan mendirikan klub pemuda Muslim, komunitas kecil di daerah setempat.

Berikut ini adalah beberapa doa dan dzikir untuk ibu hamil yang diucapkan Fatima ketika sedang mengandung, dilansir di Patheos.

Pertama, biasakan mengucapkan rasa terima kasih atau syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan keberkahan. Biasakan membaca:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْـحَمْدُ وَ لَكَ الشُّكْرُ

“Ya Allah, segala pujian dan syukur adalah untukmu”

Kedua, memohon kepada Allah untuk memberikan keberkahan dengan kehadiran anak-anak yang saleh seperti yang Nabi Zakaria lakukan, yaitu dengan membaca:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Ya Allah, berikan aku kepadamu dari anak-anak yang murni. Sesungguhnya Engkau adalah Maha pendengar doa.”

Ketiga, cobalah membiasakan diri membaca tiga surat Alquran berikut ini setiap hari, atau setidaknya dalam beberapa hari secara bergantian.

Surat itu ialah surat Luqman (membantu otak bayi berkembang), surat Yusuf (untuk penampilan fisik yang indah), dan surat Maryam (untuk kemudahan dalam persalinan).

Keempat, di bulan kehamilan yang terakhir, membaca lima ayat pertama dari surat Al-Insyiqaq, karena ini akan membantu persalinan menjadi lebih mudah.

Kelima, mengucapkan sholawat dan salam sebanyak mungkin selama sembilan bulan dan juga pada saat persalinan.

Keenam, juga jauhkan dari dari mendengarkan musik dan menggantinya dengan membacakan ayat Alquran atau berdzikir.Sudah terbukti secara ilmiah telah terbukti bahwa anak mampu mengenali suara-suara tertentu di dalam rahim.

Ketujuh, hindari perbuatan dosa berbicara buruk tentang orang dan fitnah. Cobalah menjaga kebersihan hati dan lidah sehingga para orang tua akan melihat anaknya tumbuh dengan baik.

Sumber : https://republika.co.id/berita/qeiwyu320/doa-dan-dzikir-yang-disarankan-untuk-bacaan-ibu-hamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here