Agar Anak Sukses Beradaptasi Di Sekolah Baru
Foto : Yunita R

Selamat masuk sekolah…Suasana penuh semangat dan bahagia mewarnai hari pertama anak-anak masuk sekolah.  Baju seragam baru, sepatu baru, tas baru, biasanya menjadi bbagian yang mewarnai  sebagai hadiah dari kedua orang tuanya.

Hari pertama masuk sekolah menjadi hari spesial, karena akan bertemu teman baru, gurubaru, dan sekolah baru.  Tapi kegembiraan itu juga terkadang  ada sedikit masalah, ketika anak belum siap dilingkungan barunya.  Ada yang menangis ketika ditinggal, ada yang minta ditunggui, atau bahkan baru sampai pintu gerbang sekolah sudah minta pulang.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan orang tua, agar anak merasa nyaman di hari pertama masuk sekolahnya.

 

  1. Mengenalkan anak pada sekolah barunya

Agar anak merasa memiliki sekolahnya, perlu orang tua untuk mengajak anak mengenal beberapa sekolah yang diminatinya. Ada beberpa sekolah yang melakukan open house,mempromosikan sekolahnya, bahkan ada pula yang memberikan uji coba gratis. Orang tua bisa memanfaatkan kesempatan ini,sambil melihat respon anak, apakah merasa cocok dan nyaman dengan sekolahnya.

  1. Menceritakan keunggulan sekolah barunya

Agar anak semakin yakin dnegan sekolah barunya, perlu juga disemangati dengan informasi keunggulan sekolah tersebut. Mungkin dilihat dari metode belajarnya,prestasinya, ekstra kurikulernya,lingkungan sekolahnya, atau apa saja yang membuat semakin yakin dan mantap untuk memilih sekolah tersebut.

  1. Bersekolah itu menyenangkan

Anak takut ke sekolah karena merasa akan berada ditempat yanng asing dan baru baginya. Ada rasa khawatir  dengan apa yang akan dihadapinya. Karena itu perlu kiranya orang tua menceritakan tentang asyiknya bersekolah . Gambaran yang menyenangkan akan membuat anak merasa lebih bersemangat. Seringkali anak-anak takut pergi ke sekolah dan sulit beradaptasi karena dia belum kenal dengan dunia di sekolah sehingga di khawatir dengan apa yang akan dihadapinya. Maka, sebelum dia memulai sekolah, cobalah untuk memberi gambaran tentang asyiknya bersekolah. Bertemu guru baru yang baik hati, teman-teman yang menyenangkan, lingkungan sekolah baru yang berbeda,dan sebagainya.

  1. Kenalkan dengan guru-gurunya
Baca Juga  Tips Hafal Surah Al Qur'an Hanya dengan Melihat Video Youtube

Dibeberapa sekolah, ada tradisi penyambutan siswa oleh gurunya di gerbang sekolah. Begitu pula diawal tahun ajaran baru, para guru berjejer menyambut dan menyapa anak-anak yang baru datang. Ini merupakan kebiasaan yang bagus, karena anak akan merasa diperhatikan, juga merasa kenal dengan guru baru mereka. Setelah itu perkenalkan anak dengan guru kelas mereka,karena guru di sekolah terutama wali kelas akan menjadi pengganti orang tua saat anak berada di sekolah.

5.Ajarkan anak mendapat teman baru

“Banyak teman itu menyenangkan lho.  Di sekolah nanti teman barunya banyak.  Asyik bisa seru main bersama.”  Kalimat motivasi itu perlu disampaikan kepada anak agar merasa senang dengan lingkungan dan teman barunya.  Selain itu perlu juga di beri pesan agar baik-baik dengan temannya.  Misalnya dengan memberikan bekal makanan yang lebih, agar bisa berbagi.  Dengan cara itu anak akan merasa mudah dekat, dan mudah membuka komunikasi dengan teman barunya.

  1. Lebih baik datang lebih awal

Keuntungan anak datang lebih awal, mereka punya kesempatan untuk lebih lama mengamati, beradaptasi, dan akhirnya bisa menikmati lingkungan barunya. Bisa juga punya kesempatan untuk bermain-main dulu,sebagai pemanasan sebelum mereka masuk kedalam kelas. Selain itu datang awal akan membuat anak merasa lebih bersemangat dan lebih siap memulai harinya.

  1. Bekerjasama dan percaya dengan gurunya

Wajar apa bila ada rasa khawatir orang tua yang meninggalkan anak pertama kali di sekolah baru.  Namun selama kita ikhlas melepas anak, dan percaya pada gurunya,maka anak juga akan merasa lebih nyaman.  Karena keterlibatan yang terlalu jauh akan membuat anak kurang mandiri, dan justru akan membuat adaptasinya lama.  Bila bersama guru,anak akan lebih fokus dan akhirnya benar-benar bisa beradaptasi di sekolah barunya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here