Tak diragukan lagi berkurban adalah salah satu ibadah kepada Allah yang mememiliki banyak keutamaan. Selain itu berkurban juga sebagai bukti kita mengikuti ajaran baginda Nabi Muhammad Shallahu ‘alihi wa sallam. Kaum muslimin sepeninggal beliau pun juga melestarikan ibadah mulia ini. Berkurban adalah bagian syariat islam, dan mayoritas ulama menghukumi sunnah muakad.

Menjalankan Ibadah Kurban memiliki banyak keutamaan , Hikmah dan manfaat. Berikut ini 9 keutamaan dan Hikmah berkurban,.

9 Keutamaan dan Hikmah Berkurban

  1. Menempatkan cinta kepada Allah sebagai cinta tertinggi
    Kisah Nabi Ibrahim sekaligus awal diperintahkannya berkurban adalah bentuk kecintaan dan ketundukan beliau kepada Allah, Beliau mengorbankan putranya yang amat dicintainya untuk melaksanakan perintah Allah tersebut. Kemudian Allah menggantinya dengan seekor domba. Hal ini menegaskan Allahlah pemilik semuanya termasuk apa-apa yang ada dan ditiplan pada manusia.
  2. Mendapatkan bekal Taqwa
    Taqwa adalah sebaik baik bekal untuk menghadap Allah di Akherat kelak. Berkurban merupakan bukti ketundukan dan kepatuhan kita kepada perintah Allah.
  3. Sebagai Sarana Mendekatkan diri pada Allah
    Kurban mempunyai akar kata Qaruba, yang membentuk kata Qurb:Dekat, Taqarrub (mendekatkan diri). Seiring bertambahnya usia maka akan semakin dekat dengan kematian artinya makin dekat dengan perjumpaan kita kepada Pemilik kehidupan ini. Dengan berkurban merupakan amal kebaikan sebagai bekal.
  4. Mensucikan diri dan Harta
    Sesuai dengan hadits Nabi yang di riwayatkan oleh Imam Tirmidzi:
    “Setiap kebaikan adalah sedekah, yang berfungsi mensucikan diri dan harta. Ibadah Qurban adalah amal kebaikan yang amat disukai Allah di Hari Raya Iedul Adha
  5. Mendapatkan Ampunan Allah dan Penebus Dosa
    “Hai fatimah , berdirilah disisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu dan dosa-dosamu yang telah lalu” (HR al Bazzar dan Ibnu Hibban)
  6. Memupuk sifat Mahmudah dan Menghapus sifat mazmunah
    Melaksanakan kurban dengan penuh keikhlasan dapat memunculkan sifat mahmudah berupa ketaatan kita kepada Allah, menambah rasa syukur. Disamping itu menghapus dan memupus sifat cinta dunia, kikir, pelit atau sifat mazmunah
  7. Meningkat rasa kasih sayang sesama manusia
    Dengan berbagi daging hewan sembelihan kepada sesama akan semakin menambah rasa kebersamaan. Kerukunan sebagai warga masyarakat, merekatkan hubungan yang renggang.
  8. Syiar Islam dan Sunnah Nabi Ibrahim AS
    Ibadah Kurban merupakan syiar Islam melestarikan Millah atau sunnah Nabi Ibrahim as. Nabi yang mendapatkan julukan Khalilullah (Kekasih Allah/ orang yang sangat dekat dengan Allah)
  9. Mendapatkan Pahala dan mendapatkan Kemudahan meniti di atas Sirath
    ‘Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan kurban pada hari kiamat kelak akan datang beserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, pahalanya telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan pahala kurban itu ” (HR. Al Tarmuzi, Ibnu Majah, Al Hakim), dalam riwayat lain, “Muliakanlah kurban kamu karena ia menjadi tunggangan kamu di titian Shirat pada hari kiamat”
Baca Juga  Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Dengan mengetahui banyaknya keutamaan Berkurban semoga semakin memotivasi kita untuk menjalankannya dengan penuh keikhlasan.

Referensi: dompet dhuafa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here