Tergesa gesa dalam beraktivitas adalah perbuatan yang tidak baik. Kita tidak diperbolehkan ketika melakukan sebuah amalan dengan cara tergesa gesa. Bukan hanya dalam aktivitas harian tapi juga dalam melakukan Ibadah. Semua aktivitas sebaiknya dilakukan dengan tenang.

Namun ada lima hal yang Rasulullah menganjurkan untuk dilaksanakan segera, nah perbuatan apa sajakah itu, simak dibawah ini

Hatim Al -Asham berkata :” Ketergesa-gesaan itu datangnya dari setan. Kecuali dalam lima hal, sebab yang lima itu termasuk sunah Rasulullah shalallahu ‘alihi wa sallam yaitu:

    1. Segera memberi jamuan kepada tamuĀ  apabila ia telah masuk rumah;
    2. Segera mengurus mayat jika sudah jelas kematiannya;
    3. Segera menikahkan anak perempuan jika sudah dewasa;
    4. Segera membayar hutang jika telah tiba waktu pembayarannya;
    5. Segera bertobat ketika terlanjur melakukan maksiat;

Sehubungan dengan hal diatas Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam beberapa hadits

“Barang siapa memberi makan kepada saudaranya yang muslim makanan kesukaannya sehingga keinginan untuk makannya terpenuhi, maka Allah mengharamkan dia masuk neraka.” (HR Baihaqi dari Abu Hurairah)

“Barang siapa yang memberi makan berupa rotiĀ  kepada saudaranya yang bisa mengenyangkan perutnya dan memberinya minum sehingga hilang dahaganya, maka ia jauh dari neraka sejauh tujuh parit, sementara setiap parit lebarnya sejauh perjalanan 700 tahun.” (HR. Nasai, Tabrani, Hakim)

“Sesungguhnya balasan pertama kali yang diberikan kepada seseorang mukmin sesudah matinya adalah diampuniya dosa orang-orang yang mengantarkan jenazahnya ke kubur.” (HR Dailami)

“Jika calon penghuni surga meninggal, maka Allah merasa malu untuk menyiksa orang-orang yang mengusung jenazahnya, yang mengantarkannya, dan menshalatkannya.” (HR Dailami.)

“Barangsiapa menikahkan anak perempuannya, maka kelak pada hari kiamat Allah akan memberikan mahkota raja kepadanya.” (HR. Ibnu Syahin, dari Aisyah)

Baca Juga  Janji Allah Kepada Orang Yang Rutin Shalat Tahajud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here