Banner Metode Rubaiyat

Setan atau Syaithan berasal dari kata kerja syaithana yang memilikii arti menyalahi , menjauhi. Setan artinya pembangka dan pendurhaka, Makhluk yang durhaka yang pekerjaannya selalu menyesatkan dan menghalang halangi dari jalan kebenaran dan kebaikan. Makhluk yang pertama kali durhaka kepada Allah adalah iblis. maka iblis di sebut setan. Keturunan iblis yang senantiasa menyesatkan manusia juga di sebut setan.

فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَىٰ حِينٍ

“lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dalam keadaan semula dan Kami berfirman:”Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh yang lain dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang di tentukan” (Al Baqarah :36)

Baik setan dari golongan jin dan manusia akan terus menerus berupaya menyesatkan manusia. Mereka bahu membahu untuk menyebarluaskan kemungkaran dan kemaksiatan. Media mereka kuasai sebarkan kemaksiatan tanpa memperdulikan dampak yang ditimbulkan kepada generasi dan akhlak manusia. Itulah sumpah syaithan di hadapan Allah untuk senantiasa menggoda manusia dari celah manapun yang bisa mereka masuki.

Segala ciptaan Allah dialam semesta ini tidak ada yang sia-sia, Semua ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. Oleh karena itu Allah menciptakan iblis makhluk durhaka yang disebut setan ibila dilihat dari sisi nilai ibadah ada juga hikmahnya. Berikut adalah lima hikmah diciptkannya syaithan.

5 Hikmah diciptakannya Syaithan

  1. Untuk menguji dan keimanan dan komitmen manusia beriman terhadap perintah Allah (Al Ankabut : 2).
    Jika dengan godaan setan , seorang mukmin tetap istiqomah dengan keimanannya, maka akan mendapatkan kedudukan dan derajat yang tinggi dihadapan Allah. Namun sebaliknya jika tergoda dengan bujuk rayu setan dan mengikutinya, maka akan jatuh kedalam kehinaan dan kesesatan, hidupnya pun akan dipersulit oleh Allah Ta’ala
  2. Allah hendak memberi pahala yang besar kepada para hamba-NYA (Al Imron :195).
    Semakin besar godaan setan kepada manusia dan dia mampu menghadapinya dengan baik maka semakin besar pahalanya disisi Allah.
  3. Untuk meningkatkan perjuangan di jalan Allah.
    Jika tidak ada setan yang memusuhi kebenaran, maka mustahil akan timbul semangat untuk mempertahankan kebenaran. Sedangkan perjuangan kebenaran di jalan Allah adalah bukti seseorang itu beriman kepada Allah
  4. Agar manusia senantiasa waspada setiap saat, selalu memperbaiki kesalahan, meningkatkan kualitas ibadah dengan bertaqarub kepada Allah.
    Setan senantiasa mengintai kelemahan manusia. Ketika manusia lengah, setan akan masuk lalu mengacaukan hati dan syahwat. Tetapi orang-orang yang senantiasa waspada ingat kepada Allah setan tidak punya kesempatan untuk mengganggunya.
  5. Menguji keikhlasan oragn beriman dalam beribadah kepada Allah (Ad Dzariyat:56).
    Allah SWT menjelaskan bahwa hakikat penciptaan jin dan manusia tidak lain adalah beribadah dan mengabdi kepada Allah. Ketika manusia lupa akan tujuan hidupnya maka setan akan datang dengan membisikan kedalam hati dan pikirannya angan-angan kosong dan keraguan, supaya manusia lupa akan tujuannya hidup didunia. Jika manusia tetap sadar akan tujuan dan tugasnya didunia, dia akan tetap ridha menjadi hamba Allah dan mengabdi kepada
Baca Juga  Totalitas dan Tanggung Jawab dalam memegang Amanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here