Banner Metode Rubaiyat
5 Amalan Ringan Berpahala Besar

Setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang muslim yang dilakukan dengan keikhlasan akan mendapatkan pahala dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala. Meskipun amalan itu terlihat kecil dan ringan dimata manusia, namun disisi Allah sangat besar hingga bisa mendapatkan balasan surga . Amalan-amalan yang mudah dilakukan tetapi Allah justru membalasnya dengan ganjaran yang besar, diantaranya adalah.

Pertama, menuntut ilmu syar’i akan mengantarkan seseorang ke dalam surga. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Kedua yaitu menjenguk orang yang sedang sakit. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang akan dipetik di dalam surga kelak.” (HR. At-Tirmidzi)

Lalu yang ketiga yaitu menebarkan salam. Rasulullah menyebutkan hal tersebut dalam sebuah hadis. Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Hai manusia sebarkanlah salam, berilah makan orang lain, hubungkanlah sanak keluarga dan dirikanlah solat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya Engkau akan masuk surga dengan damai.” (HR. Tirmidzi)

Keempat, melakukan perbuatan kecil seperti menyingkirkan gangguan di jalan juga dapat menjadi penyebab masuk surga. Rasulullah Shalallahu alaihi wass pernah bersabda, “Sungguh aku telah melihat seorang laki-laki, mondar-mandir di dalam surga, hanya karena ia menyingkirkan gangguan, sebatang pohon di tengah jalan.” (HR. Muslim)

Kemudian yang kelima, membaca ayat kursi setelah selesai salat fardhu juga akan membuat seseorang masuk surga. Rasulullah Sha bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai salat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasaa’i). []

Baca Juga  Teladan Nabi : Saling Memberi dan Menerima Hadiah

Sumber: Fiqihmuslimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here