Manusia tercipta di dunia ini memiliki tugas untuk beribadah kepada Allah, namun pada kenyataannya kita semua pasti pernah merasakan malas ketika akan melakukannya. Terasa berat dan lebih mendahulukan kepentingan lain ketimbang beribadah kepada Allah.

Imam Al Ghazali dalam kitab Minhajul Abidin menjelaskan tentang empat penghalang yang selalu menjadi kendala bagi manusia didalam menjalankan ibadah:

  • Urusan Dunia
    Realita saat ini adalah dimana kebanyakan manusia lebih memetingkan urusan dunia dari pada akherat. Sibuk dengan aktivitas pekerjaan dan sebagainya hingga melupakan kewajiban sebagai seorang muslim. Saatshalat shubuh ia bangun kesiangan, Ketika tiba Dhuhur ia masih sibuk dengan pekerjaan, saat Ashar datang ia sibuk persiapan untuk pulang kerja. Maghrib beralasan kecapekan karena aktivitas seharian. Dan ketika isya datang ia ketiduran
  • Urusan dengan Manusia
    Seseorang kadang menghalalkan segala cara demi mencukupi kebutuhan keluarga, istri ataupun anak, bahkan banyak yang rela meninggalkan urusan ibadah demi mengejar keinginan mereka.
  • Setan
    Setan sudah berikrar dan berjanji di kepada Allah , akan mengajak dan menggoda seluruh bani adam kepada jalan keburukan dan melalaikan kepada Allah. Ia akan sangat senang ketika manusia tergoda dan terperdaya, sehingga diakherat kelak menjadi teman setia penghuni neraka.
  • Hawa Nafsu
    hawa nafsu manusia selalu mengarahkan kepada keburukan, manusia yang senantiasa memperturutkan hawa nafsunya akan jatuh ketempat kebinasahan.

Keterangan yang telah dipaparkan oleh Imam Al Ghazali diatas semoga bisa menjadi peringatan bagi setiap muslim, agar setiap ibadah yang kita lakukan penuh dengan rasa semangat juga keyakinan yang kuat sehingga , memberikan dampak yang baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Sumber:islami

Baca Juga  4 Shalat Dahsyat, Tahajud, Fajar, Shubuh dan Dhuha (Bag I)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here