Banner Metode Rubaiyat
10 Syarat Taubat Diterima Allah

10 Syarat Taubat Diterima Allah. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat dosa dan kesalahan. Namun sebaik baik manusia adalah mereka yang bertaubat setelah berbuat dosa.

Taubat dari dosa yang sudah dilakukan, meminta maaf kepada orang yang pernah di dzalimi dan memohon ampunan kepada Allah dengan sebenar benarnya. Agar Taubat kita di terima dan mendapat ampunan dari Allah SWT ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Dalam buku Nashaihul ‘ibaad seorang ulama ahlu bijak berkata:” Orang yang berakal ketika bertaubat hendaknya mengerjakan sepuluh perkara, yaitu:

Pertama, Lisannya membaca istighfar

Kedua, hatinya menyesali dosa yang sudah dikerjakan

Ketiga, Jiwa raganya meninggalkan segala bentuk perbuatan dosa tersebut

Keempat, Berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut untuk selamanya

Kelima, Mencintai dan mengutamakan akherat

Keenam, Tidak cinta kepada dunia

Ketujuh, sedikit bicara,

Kedelapan, sedikit makan dan minum, tidak berlebihan

Kesembilan, tekun dalam mendalami ilmu dan beribadah

Kesepuluh, Sedikit Tidur

Yang dimaksud dengan sedikit berbicara adalah, hanya berbicara pada hal-hal yang bermanfaat, sebagaimana yang disebutkan dalam Sabda Nabi Rasulullah SAW.

“Barangsiapa banyak bicaranya, maka banyak pula kekeliruannya. Barangsiapa banyak kelirunya, maka banyak juga dosanya. barang siapa banyak dosanya, maka neraka adalah tempat yang paling utama (baginya).”

Sedangkan yang dimaksud dengan sedikit makan dan minum dan tekun dalam mendalami ilmu agama adalah, tentang Sabda Nabi Rasulullah SAW diriwayatkan oleh Ibnu Najjar.

“Wali-wali Allah diantara para hambanya adalah orang yang membiasakan lapar dan haus. Barangsiapa yang menzhalimi mereka. Maka Allah akan menyiksanya dan membuka aibnya, dan mengharamkan baginya hidup disurga (HR. Ibnu Najjar)”

Sedikit tidur maksudnya adalah waktu malamnya lebih banyak digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT, bertaqarrub dan beristghfar. Sebagaimana yang sudah disebutkan didalam Al qur’an Surah (Adz Dzaariyat :17-18).

“Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam, dan diakhir malam mereka memohon ampun kepada Allah”.

Itulah 10 Syarat Taubat Diterima Allah SWT. Membiasakan taubat setiap hari setiap saat akan memberikan rasa tenang dan tenteram didalam hati. dan kembali kepadaNYA dalam kondisi bersih dari dosa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here